Cara Cepat Mengeringkan Cat Kuku

Sist, mewarnai kuku merupakan hal yang menyenangkan ya. Melihat kuku cantik dengan warna-warni yang indah merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi sebagian wanita. Namun ada kalanya jenuh juga menunggu cat kuku yang tak kunjung kering. Apa lagi jika nail art yang hendak dibuat memerlukan tidak hanya satu warna atau lapisan saja. Huh, bosan deh jadinya.

Nah untuk memepersingkat proses pengeringan kuku, kamu bisa tuh coba beberapa trik mempercepat pengeringan cat kuku di bawah ini. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih menghemat waktu bukan?

7  Cara Jitu Agar Cat Kuku Cepat Kering Tanpa Waktu Yang Lama

1. Aplikasikan Lapisan Cat Kuku Yang Tipis

mengoles kuteks secara tipis

Untuk memperoleh warna yang nyata, biasanya mungkin kamu akan menyapukan satu lapisan tebal cat kuku. Stop! Daripada memberi satu lapisan tebal cat kuku, lebih baik kamu menyapukan 3 lapisan cat kuku tipis saja. Mungkin kedengaranya akan lebih menyita waktu, tapi kenyataanya satu lapisan cat kuku hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menitan aja kok. Beda halnya jika kamu menyapukan satu lapisan namun tebal. Ini malah membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk mengeringkannya.

2. Gunakan Top Coat Cepat Kering

top coat cepat kering

Lapisan top coat, selain berfungsi sebagai pelindung cat kuku ternyata bisa juga membuat cat kuku jadi lebih cepat kering. Maka dari itu, setelah selesai mengaplikasikan cata kuku, kamu sebaiknya melapisi lagi dengan lapisan top coat yang sifatnya cepat kering.

3. Rendam Kuku Dalam Air Es

merendam kuteks dalam air es

Ini mau bikin sirup ya? Haha, bukan kok! Air es ini bisa kamu manfaatkan saat mengecat kuku. Kamu bisa mencelupkan kuku yang telah kamu cat tersebut ke dalam mangkok berisi air es selama 2 – 3 menit. Atau kamu juga bisa menaruh kuku yang telah cat tadi ke dalam freezer selama beberapa menit. Hal tersebut sama efektifnya dengan mencelupkan kuku ke wadah berisi air es.

4. Gunakan Hair Dryer

mengeringkan kuteks dengan hair dryer

Kalau pengering rambut bisa digungakan untuk meneringkan rambut lebih cepat, itu artinya pengering rambut bisa juga digunakan untuk mengeringkan cat kuku agar bisa kering lebih cepat. Atur suhu pengering raambut pada tingkat paling dingin. Setelah itu arahkan ke kuku yang baru dicat. Atur jaraknya juga ya, jangan terlalu dekat karena dikhawatirkan akan berefek pada kulit tangan.

5. Gunakan Alat Pembersih Debu ( Vacum Cleaner Portable)

mengeringkan kuteks dengan pembersih debu

Jika kamu memiliki alat pembersih debu berbentuk tabung pencet yang biasa kamu gunakan untuk mmbersihkan sudut celah keyboard, kamu bisa juga menggunakan alat ini untuk mempercepat proses pengeringan cat kuku. Pencet tabung agar udara dapat terhembus ke kuku. Berilah cukup jarak antara kuku dengan corong. Tekanan udara yang terlalu besar dari tabung pencet ini bisa saja menggeser posisi cat kuku jika jaraknya terlalu dekat.

6. Semprot Cat Kuku dengan Minyak Semprot

mengeringkan kuteks dengan minyak semprot

Satu lagi alat dapur yang ternyata memiliki fungsi ganda. Jika selama ini kamu menggunakan cooking spray henya untuk memasak, tidak ada salahnya kamu mencoba menyemprotkan cooking spray ini ke kuku tanganmu yang masih basah oleh cat. Tunggu selama 1 – 2 menit, setelah itu bersihkan tangan dari sisa minyak.

7. Celupkan ke Dalam Minyak Biji Bunga Matahari

mencelupkan kuteks kedalam minyak biji matahari

Siapkan 5 – 10 ml minyak biji bunga matahari pada sebuah wadah. Seteah selesai mengaplikasikan cat kuku, kamu bisa mencelupkanya pada wadah tersebut selama satu detik dan setelah itu dapat dibasuh dengan air. Selain membantu mempercepat proses pengeringan cat kuku, minyak biji bunga matahari juga dapat menghaluskan kulit tangan.

Tips :

  1. Cucilah tangan sebelum menggunakan cat kuku untuk menyingkirkan partikel debu yang dapat menyebabkan lapisan hasilnya tidak rata.
  2. Cat kuku yang telah lama membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama pula.
  3. Semakin gelap warna cat kuku, akan semakin lama waktu pengeringannya.
  4. Persiapkan terlebih dahulu alat maupun bahan yang akan kamu gunakan untuk membantu proses pengeringan agar cat kuku yang masih basah tidak berantakan jika msih harus mempersiapkanya lagi.
  5. Cat kuku bisa saja menggelembung jika dikeringkan dengan suhu hangat
  6. Mengeringkan kuku dengan freezer yang dipakai untuk menyimpan makanan dapat berpotensi menimbulkan kontaminasi pada makanan.
  7. Top coat mampu memberi efek lebih halus dan lembut pada kuku. Top coat bening juga dapat membuat kuku nampak mengkilat.
  8. Tunggu beberapa saat sebelum mencelupkan kuku ke air es agar cat kuku tidak menggelembung. Penggunaan air es juga beresiko membuat cat kuku menjadi retak dan tercoreng.

Oke Sist, itulah tadi beberapa cara dan tips agar cat kuku bisa cepat kering. Apa kamu tertarik untuk mencobanya? Atau kamu masih merasa repot dengan cara diatas? Tenang, saat ini telah tersedia kok Alat Pengering Kuku yang dijual di berbagai toko online. Sangat praktis dan membantu terutama bagi kamu yang suka dengan nail art. Jadi, jangan ngaku pecinta nail art deh kalau kamu belum punya alat yang satu ini. Cuss kepoin aja Sist!

Leave a Reply

cara kutek cepat kering , warna kutek yg cocok untuk kulit kuning langsat , warna kutik yang cocok untuk kul , Cara membuat kuku kaki yang cantik putih dan berseri , bahan bahan pembuatan pewarna kuku , kutek pixy halal , cara memanjangkan kuku dan memutihkan kuku , apakah warba cat kuku hitam cocok untuk kulit sawo matang ? , cara menghias kuku dengan kutek simple , cara membuat kutex , cara menghias kuku dengan kutek dan selotip , cara membuat kutek sendiri , primbon wanita , harga kutek wardah halal , Cara membuat kutek dari tepung , alat kuku menjadi benin , kutek halal , membuat kutek sendiri , cara membuat nail art koran , cara buat bening kuku pendek , cara membuat kuteks kuku secara alami , bahan bahan membuat kotek , cara mendesain permainan meruas kuku dgn kutex , menghias kuku dengan kutek , Cara memanjangkan kuku dengan bahan alami , cara memutihkan ujung kuku seperti susu , cara buat kutek , harga kutek ya , kutek halal wardah , kutek flormar halal, Kutek, Henna, Pacar, Pengering, Peralatan, Kosmetik, Cara Merawat, Mencegah, Mengatasi, Mengobati, Nail Art, Manicure, Pedicure, Obat, Penyebab, Efek Samping, Cat Kuku, Warna, Gejala