Cara Mengatasi Bintik Putih Di Kuku Kaki Dan Tangan

Bercak putih atau garis putih pada kuku merupakan hal yang wajar sekali terjadi, hampir setiap orang pernah mengalami hal tersebut. Bahkan, hal itu dikaitkan dengan mitos bahwa timbulnya bercak putih pada kuku pertanda ada seseorang yang suka atau jatuh cinta dengan kita.

Terlepas dari mitos tersebut jika secara medis, bercak-bercak putih kecil yang terkadang tampak seperti bintik atau garis pada kuku kaki dan tangan disebut sebagai leukonychia. Bintik-bintik ini biasanya bersifat ringan dan muncul akibat cedera, alergi, atau defisiensi vitamin.

Mengatasi Bintik Putih Di Kuku

Sebagian besar kasus ini dapat ditangani di rumah dengan beragam perawatan alami. Namun, jika bintik-bintik ini tidak kunjung hilang, ada baiknya anda mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri.

3 Cara Mengatasi Bintik Putih Di Kuku Kaki Dan Tangan

Bercak putih tersebut sebenarnya menunjukkan berbagai gejala atau kondisi medis yang dialami oleh tubuh Anda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Berikut kami berikan infromasi cara mengatasi bintik putih di kuku tangan dan kaki.

A. Menggunakan Perawatan Di Rumah

1. Lembabkan Kuku Setiap Hari

Tips pertama mengatasi bintik putih pada kuku dengan melembabkan kuku setiap harinya. Oleskan pelembab tangan atau minyak vitamin E pad kuku setiap malam sebelum tidur. Selain memudarkan tampilan bintik-bintik putih juga bisa menjaga kesehatan dan kekuatan kuku.

2. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial memang terkenal khasiatnya baik di dunia kesehatan maupun kecantikan. Selain Bisa di gunakan untuk rambut, minyak esensial juga dapat di gunakan untuk mengatasi tampilan bintik putih pada kuku.

Cara pemakaian :

– Campurkan beberapa tetes minyak ensensial dan minyak zaitun secukupnya.
– Usapkan ke kuku secara merata.
– Jika minyak jeruk di diamkan 45 menit.
– Bila minyak tea tree 15-20 menit.
– Setelah itu bilas kuku dengan air mengalir hingga bersih.

3. Merendam Kuku Dalam Cuka Putih

Tips selanjutnya dalam memudarkan tampilan bintik putih pada kuku dengan merendam kuku kamu ke dalam laurtan campuran cuka putih dan air.

Cara pemakaian :

– Sediakan cuka putih dan ari secukupnya lalu aduk merata.
– Rendam kuku ke dalam larutan cuka selama 10 menit.
– Bilas dengan air mengalir dan keringkan.
– Lakukan perawatan ini 4 kali dalam seminggu.
– Jika kulit kamu sensitif gunakan air dalam perbandingan besar.

4. Menggunakan Irisan Lemon

Warna kuku kamu mengalami bintik-bintik putih ? Kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan keasaman buah maupun kulit lemon secara teratur. Jeruk lemon mempunyai vitamin C sehingga tingkat kadar keasaman sangat baik dalam menghilangkan bintik putih pada kuku.

Cara pemakaian :

– Sediakan 1 buah jeruk lemon
– Belah menjadi 2 bagian
– Gosokan pada kuku yang mengalami bintik putih
– Diamkan hingga mengering
– Bilas dengan air lalu keringkan
– Lakukan perawatan ini secara rutin

5. Rendam kuku Dalam Yoghurt Tawar

Yoghurt adalah salah satu minuman sehat yang kaya akan vitamin sehingga untuk itu tak heran apabila banyak orang yang suka mengkonsumsi yoghurt. Nah tahukah Anda, selain enak dan menyehatkan tubuh ternyata yoghurt ini juga bermanfaat untuk menmghilangkan bintik putih pada kuku.

Cara pemakaian :

– Masukkan 3 sendok makan yogurt dalam mangkok.
– Atau di campurkan dengan minyak vitamin E dan sari buah lemon.
– Rendam kuku ke dalam mangkok selama 10-15 menit.
– Setelah itu, bilas kuku dengan air hangat.

6. Gunakan Tablet Alka Seltze

Tips selanjutnya dalam menghilangkan bintik putih pada kuku dengan menggunakan tablet alka seltse. Sebagian orang percaya jika khasiat dari Tablet Alka Seltze dapat menghilangkan bintik putih pada kuku.

Cara pemakaian :

– Masukkan beberapa butir tablet ini ke dalam air hangat.
– Kemudian rendam kuku selama 5-10 menit lamanya.
– Jika sudah, bilas kuku dan keringkan.

7. Biarkan Kuku Memanjang

Tips terakhir dalam menghilangkan bintik putih pada kuku dengan membiarkan kuku tumbuh memanjang. Bintik-bintik ini biasanya akan memudar atau terbawa mengikuti pertumbuhan kuku. Meskipun kamu bisa melakukan beberapa metode untuk menghilangkan bintik putih lebih cepat.

B. Mengubah Gaya Hidup

1. Mengubah Pola Makan

Apabila tubuh kekurangan mineral dan vitamin dan sebagainya maka dapat menimbulkan bercak puith pada kuku. Untuk mengatasinya perbanyak mengkonsumsi makanan dan suplemen yang banyak mengandung vitamin dan mineral supaya kuku terhindar dari bercak putih.

Jenis makananya :

– Buah-buahan seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan apel yang dapat meningkatkan asupan vitamin c.
– Jenis sayuran seperti kubis, lobak, kacang-kacangan, brokoli, dan kale yang dapat menjaga kesehatan kuku.
– Konsumsi multivitamin yang dapat mencukupi nutrisi tubuh.

2. Hindari Menggigit Kuku

Tips selanjutnya untuk menghilangkan bintik putih pada kuku dengan menghindari menggigit kuku. Sebab kebiasaan jelek ini dapat mengganggu kesehatan, menimbulkan penyakit. Di sampin itu juga membuat penampilan kuku menjadi jelek, kasar, robek atau pecah-pecah. Jadi mulai sekarang alangkah baiknya menghentikan kebiasaan tersebut.

3. Sesuaikan Alas Kaki

Apabila bintik-bintik putih sering muncul pada kuku kaki, hal pertama yang kalian ingat adalah alas kaki. Sebab alas salah satu faktor yang menyebabkan kuku mengalami bintik putih. Untuk mengatasinya sebaiknya kamu mengganti alas kaki yang lebih longgar dan terutama nyaman. Apalagi bagi kamu yang sering beraktivitas seperti berlari, jogging dan kegiatan lainnya.

4. Gunakan Sarung Tangan

Jika mau melakukan kegiatan yang ada khaitannya dengan bersih-bersih, mencuci piring atau pekerjaan rumah lainnya, sebaiknya kamu menggunakan sarum tangan karet untuk melindungi tangan serta kuku kamu supaya terhindar dari bintik-bintik putih pada kuku.

Meskipun kegiatan ini di bilang spele, namun bisa membahayakan kesehatan kuku, menimbulkan masalah kuku seperti kuku kering, rusak, dan kusam.

5. Tidak Sering Mengecet Kuku

Cara selanjutnya dalam mengatasi bintik-bintik putih pada kuku dengan tidak mengecat kuku terlalu sering. Sebab cat kuku mengandung bahan kimia yang dapat membuat kuku rusak, kuku kering, kuku kusam dan salah satunya bintik putih pada kuku.

Bintik putih juga bisa di sebabkan hal lain, misalnya alergi menggunakan cat kuku tertentu. Ketika kamu mengalami hal itu segera hentikan pemakaian cat kuku. Selain itu perawatan manikur juga salah satu faktor bintik putih pada kuku, jadi alangkah baiknya mengurangi perawatan tersebut.

C. Mencari Perawatan Medis

1. Berobat Ke Dokter

Jika bintik-bintik putih pada kuku tidak hilang, meskipun kamu sudah mengobati dengan cara alami atau instan, saatnya kamu pergi ke dokter untuk berobat. Walaupun tidak berbahaya, bintik putih pada kuku biasanya menandakan masalah kesehatan tubuh kita seperti anemia dan liver.

2. Pemakaian Obat Antijamur Oral

Jika kamu yang mengira jika bintik-bintik putih pada kuku adalaj jamur. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan resep obat antijamur. Untuk menghilangkan gejala jamur pada kuku sekaligus bintik-bintik putih pada kuku, kamu di anjurkan menggunakan oabt antijamur selama 6-12 minggu lamanya.

Pastikan untuk menyampaikan seluruh masalah kesehatan yang kamu alami kepada dokter sebelum mulai menggunakan obat antijamur. Sebab antijamur bisa menyebabkan ruam atau keruskan pada lever.

3. Mencoba Cat Atau Krim Kuku Yang Mengandung Obat

Ketika kamu berkonsultasi pada dokter tentang bintik-bintik putih pada kuku yang tidak menghilang, meskipun kamu sudah menjalankan treatment. Biasanya dokter akan memberikan resep krim atau cat antijamur pada kuku. Secara umum krim atau cat ini harus digunakan selama waktu tertentu, yaitu antara beberapa minggu hingga satu tahun.

Info : Cara Mengatasi Bintik Putih Di Kuku Kaki Dan Tangan