Cara Mengecat Kuku Dengan Pola Marmer

Trend nail art atau menghias kuku memang gak ada habisnya ya, Sist! Kalau kamu bosan dengan nail art yang itu-itu aja, kamu bisa nih coba salah satu alternatif nail art yang satu ini. Dijamin kece deh dan semua orang pasti akan langsung tertuju pada kuku cantikmu. Cara bikinya juga ga susah kok, kamu cukup ikutin aja tutorial berikut.

Trik Sederhana Menghias Kuku Dengan Pola Marmer Yang Mewah

cat kuku pola marmer

A. Alat yang diperlukan

• Mangkuk
• Cat kuku dalam berbagai warna
• Stik kapas (cotton bud)
• Cairan penghapus cat kuku
• Base coat (cat lapisan dalam)
• Top coat (cat lapisan luar)
• Minyak kutikula, selotip, atau petroleum jelly (untuk melindungi kulit)
• Air bersuhu ruang

B. Cara Mengecat Kuku Dengan Pola Marmer

1. Persiapan Awal

Untuk membuat nail art marmer ini sebelumnya kamu perlu oleskan base coat berwarna putih bening untuk mencegah kuku berubah warna dan membuat cat kuku lebih tahan lama. Jangan Cuma satu lapis ya, tapi oleskan beberapa lapis dan tunggu lapisan sebelumnya kering, baru lanjutkan lagi ke lapisan selanjutnya.

2. Beri Lapisan Pelindung Jari

Kamu pasti gak mau kan kalau jari-jarimu ikut belepotan setelah membuat nail art ini? Ya! Untuk itu kamu harus melindungi jarimu dengan petroleum jelly, Elmer’s glue, minyak kutikula, atau selotip agar cat kuku tidak menempel pada jari tanganmu nantinya. Setidaknya kamu perlu melindungi jari-jarimu hingga sendi pertama sampai ke sisi belakang kuku.

3. Siapkan Cangkir Kecil

Cangkir kecil ini diperlukan untuk proses pencelupan. Cat kuku mungkin saja dapat menempel pada gelas, maka dari itu sebaiknya kamu siapkan cangkir kertas sekali pakai atau cangkir kecil khusus untuk kegiatan nail artmu.
Dalam jumlah kecil, cat kuku yang menempel di gelas memang tidak berbahaya. Asalkan setelah pemakaian, kamu mencuci gelas tersebut hingga benar-benar bersih dan tidak menyisakan noda maupun bau.

4. Alasi dengan Koran

Ya! Selain jari tangan, kamu juga sebaiknya memberi alas berupa koran pada meja yang kamu gunakan. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti tumpahnya cat kuku yang pasti dapat mengurangi keindahan meja nantinya.

5. Tuang Air ke Cangkir

Gunakan air bersuhu ruang supaya tidak merubah cat kuku. Tuangkan air hingga ¾ nya saja untuk mencegahnya tumpah. Karena cat kuku diaplikasikan dengan bantuan air, maka proses pengeringanya juga akan lebih lama. Karenanya tunggu dan bersabarlah.

6. Siapkan Cat Kuku

Kamu perlu menyiapkan setidaknya 2 cat kuku berbeda warna untuk membuat nail art marmer ini. Usahakan juga untuk menggunakan cat kuku yang baru, karena cat kuku lama cenderung cepat mengering. Tidak perlu cat kuku yang mahal, karena nail art ini bisa dibilang boros atau memerlukan lebih banyak cat kuku dibanding metode nail art lainya. Sebagai catatan, tidak semua jenis cat kuku dapat digunakan untuk membuat nail art marmer ini, untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu persiapkan beberapa jenis cat kuku.

7. Teteskan Satu-persatu Cat Kuku

Setelah mempersiapkan beberapa warna cat kuku, kini tiba saatnya meneteskan cat kuku pada cangkir yang telah berisi air. Pegang kuas cat kuku dan teteskan hingga membentuk lingkaran tipis di permukaan air. Jika cat yang kamu teteskan mengendap di dasar cangkir, itu artinya kamu perlu mengulanginya hingga terbentuk lingkaran yang mengambang dan bagus.

8. Tambahkan Warna Lainya

Untuk mendapatkan motif yang menarik kamu perlu meneteskan warna lain ke tengah-tengah lingkaran pertama. Jika kamu hanya menyiapkan 2 warna, maka kamu bisa meneteskanya secara bergantian hingga embentuk beberapa lapisan. Akan lebih baik jika kamu membuat 3-4 lapisan atau bahkan kamu bisa membuatnya hingga 12 lapisan. Namun tentu saja makin banyak waktu yang kamu butuhkan.

9. Gerakan Tusk Gigi Ke Tengah Lingkaran Melewati Cat Kuku

Tarik tusuk gigi dengan hati-hati dari ujung luar menuju tengah lingkaran. Dengan demikian akan tercipta pola unik menyerupai marmer. Kamu bisa juga menariknya membentuk spiral atau menariknya dari dalam ke luar lingkaran, dengan demikian pola yang dihasikan pun akan berbeda dan unik. Yang terpenting, kamu perlu melakukannya dengan cepat untuk menghindari cat kuku mengering.

10. Proses Pencelupan

Setelah terbentuk pola di permukaan air, kini tiba saatnya kamu mencelupkan kukumu secara perlahan pada pola di permukaan air. Celupkan kuku langsung di atas pola. Tahan beberapa saat agar cat menempel pada kuku. Proses ini memerlukan waktu beberapa detik hingga satu menit penuh untuk tiap kuku.

11. Angkat Kuku Secara Perlahan

Setelah menunggu beberapa saat pada proses pencelupan, kini tiba saatnya untuk mengengkat kukumu dari dalam air. Kamu juga bisa gunakan tusuk gigi untuk memisahkannya sebelum jari diangkat. Pastikan kamu mengangkatnya dengan arah vertikal dan tidak menyeret kuku melewati cat saat mengangkatnya. Dengan begitu tidak akan merusak pola cat kuku.

12. Kibaskan Sisa Air

Terlalu banyak air yang ikut terbawa saat mengankat jari dapat menyebabkan gelembung atau bagian yang kosong pada kuku. Untuk menghindarinya, cukup kibaskan tetesan air di atas koran.

13. Bersihkan Sisa Cat Kuku pada Jari

Jika jarimu ikut terkena cat kuku maka kamu memerlukan cotton buds yang telah dicelupkan pada cairan penghapus cat kuku untuk membersihkanya. Jangan melepas selotip pelindung jari hingga cat kuku mengering untuk menghindari sisa cat kuku menempel pada jari semakin banyak.

14. Ulangi pada Kuku Lainya

Setelah satu kuku selesai, langkah selanjutnya yaitu ulangi kembali dari langkah membuat pola pada permukaan air. Jika terdapat bintik-bintik cat di permukaan air, maka kamu dapat menghilangkanya dengan menambahkan setetes cat kuku ke dalam cangkir. Sebarkan dengan tusuk gigi, biarkan mengering selama beberapa detik, lalu angkat cat yang telah mengering tersebut. Dengan begitu bintik-bintik dapat ditarik bersamaan dengan cat kuku.

15. Beri Lapisan Top Coat

Ini adalah langkah terakhir. Setelah kamu menyelesaikan semua kuku, melapisinya dengan cairang top coat adalah langkah terakhir yang perlu kamu lakukan. Dengan demikian aplikasi nail artmu dapat bertahan lama dan terlindungi oleh lapisan top coat.

C. Tips

  • Jika cat kuku terlalu cepat mengering, cobalah gunakan air yang sedikit lebih dingin. Jika cat kuku terlalu encer, cobalah menggunakan air yang sedikit lebih hangat.
  • Jika cat kuku tidak dapat mengapung, maka cobalah untuk mengganti air dengan air kemasan, air yang difilter, atau air keran.
  • Tidak ada salahnya bereksperimen dengan warna komplementer untuk menciptakan efek yang berani.
  • Metode ini akan lebih sulit jika diaplikasikan pada kuku kaki. Cobalah melukis tiga atau empat garis tebal dengan warna berbeda, lalu gerakkan tusuk gigi dengan cepat melewati warna untuk menciptakan desain sebelum cat mengeras.
  • Jangan gunakan gelas styrofoam sekali pakai karena cat kuku dapat melarutkan bahan styrofoam tersebut.

Semoga tutorial diatas bermanfaat ya, Sist! Dan pastinya bisa bikin kukumu jadi tampak lebih cantik. Meskipun keci, tidak sedikit orang yang menjadikan kuku sebagai standar untuk menentukan apakah seseorang tersebut menjaga kebersihan dirinya atau tidak. Kuku yang terawat tentu akan menambah nilai plus bagi penampilanmu.

No Responses

Leave a Reply

cara kutek cepat kering , warna kutek yg cocok untuk kulit kuning langsat , warna kutik yang cocok untuk kul , Cara membuat kuku kaki yang cantik putih dan berseri , bahan bahan pembuatan pewarna kuku , kutek pixy halal , cara memanjangkan kuku dan memutihkan kuku , apakah warba cat kuku hitam cocok untuk kulit sawo matang ? , cara menghias kuku dengan kutek simple , cara membuat kutex , cara menghias kuku dengan kutek dan selotip , cara membuat kutek sendiri , primbon wanita , harga kutek wardah halal , Cara membuat kutek dari tepung , alat kuku menjadi benin , kutek halal , membuat kutek sendiri , cara membuat nail art koran , cara buat bening kuku pendek , cara membuat kuteks kuku secara alami , bahan bahan membuat kotek , cara mendesain permainan meruas kuku dgn kutex , menghias kuku dengan kutek , Cara memanjangkan kuku dengan bahan alami , cara memutihkan ujung kuku seperti susu , cara buat kutek , harga kutek ya , kutek halal wardah , kutek flormar halal, Kutek, Henna, Pacar, Pengering, Peralatan, Kosmetik, Cara Merawat, Mencegah, Mengatasi, Mengobati, Nail Art, Manicure, Pedicure, Obat, Penyebab, Efek Samping, Cat Kuku, Warna, Gejala