Cara Merawat Kuku Kaki

Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang keberadaannya sering sekali diabaikan, maka tidak heran jika kuku kerap kali mengalami berbagai masalah seperti kuku menjadi mudah rapuh, kuku menjadi mudah lepas, kuku berubah warna menjadi kekuningan dan masalah-masalah pada kuku lainnya.

Penyebab masalah yang terjadi pada kuku tersebut bervariasi sekali, misalnya akibat infeksi jamur, infeksi bakteri, terkena benda keras, terkontaminasi bahan kimia ( deterjen ) dan lain sebagainya.

10 Cara Merawat Kuku Kaki

Cara Merawat Kuku Kaki

Jika anda ingin memiliki kuku yang cantik dan sehat, perawatan kuku secara rutin wajib sekali anda lakukan. Agar kuku dapat tumbuh sehat, kuat dan terhindar dari masalah-masalah yang dapat menimpanya. Berikut kami rekomendasikan cara merawat kuku kaki yang baik dan benar.

1. Memotong Kuku

Memotong Kuku

 

Tips pertama dalam merawat kuku kaki supaya kesehatannya tetpa terjaga dan tampil cantik dengan memotong kuku secara teratur 2 kali dalam seminggu. Sebab kuku yang panjang dapat menyebabkan kotoran menumpuk, bakteri, dan kuman sehingga kaki menjadi bau.

Selain tidak baik untuk kesehatan kuku yang panjang yang menganggu aktivitas kamu dalam sehari-hari. Di samping itu kuku yang panjang juga mudah rapuh dan patah.

Ketika kamu akan memotong kuku, sebaiknya gunakan alat yang tajam dan kuat. Jangan gunakan alat yang agak tumpul karena hanya akan merusak kuku kamu.

2. Rutin Membersihkan Kuku

Rutin Membersihkan Kuku

Tidak tubuh saja yang memerlukan mandi, namun kuku juga membutuhkannya. Sebab kuman dan bakteri dapat terkontaminasi ke kuku kita melalui debu dan kotoran, jika hal ini tidak di bersihkan, dapat mengancam kesehatan kuku dan kesehatan tubuh juga.

Cara Membersihkan Kuku :

– Sediakan baskom ukuran cukup besar.
– Tuangkan sabun cair ke dalam air di dalam baskom.
– Tambahkan 1 sendok teh aroma dan 1/4 air lemon.
– Aduk sampai rata, lalu rendam kaki selama 5-10 menit.
– Selanjutnya bersihkan kuku dengan sikat khsusus.
– Bilas kuku dengan air mengalir sampai bersih.
– Lakukan cara ini 2 x dalam sebulan.

3. Gunakan pelembab

Pelembab Kuku

Tidak hanya kulit saja yang membutuhkan pelembab, namun anggota tubuh yang lain misalnya kuku juga membutuhkan pelembab. Pelembab bagi kuku dapat membuat kuku menjadi lebih kuat, tidak kering dan terbebas dari rapuh.

Namun di sini bukan sembarang pelembab, melainkan pelembab khusus kuku. Gunakan pelembab sebelum kamu tidur bisa yang berbentuk gel atau krim sesuai selera kamu. Jika kamu tidak mempunyai cutile cream, bisa menggunakan body butter atau body lotion.

Apabila kamu mau menggunakan pelembab, saran saya alangkah bainya menggunakan yang krim khsusus kuku saja, misalnya jojoba oil.Pelembab kuku memiliki kandungan yang lebih cepat menyerap sehingga kuku tidak mudah cepat rapuh apalagi membusuk.

4. Foot Bath

Foot Bath Untuk Merwat Kuku

Tisp merawat kuku kaki selanjutnya dengan memanfaatkan foot bath. Bagi pemiliki kuku kaki hitam dan busuk di sarankan menggunakan tipe perawatan ini. Khasiat foot bath sendiri seperti menghindarkan kuku dari kotoran, kuman, infeksi, dan intinya membersihkan kuku.

Cara pemakaian :

– Sediakan baskom ukuran cukup besar, garam, air hangat dan air perasaan lemon.
– Campur semua bahan, aduk sampai rata.
– Celupkan kaki dalam larutan air hangat selama 10 menit.
– Lakukan perawatan ini secara rutin supaya maksimal hasilnya.

5. Pemakaian Belimbing Wuluh

Belimbing Wuluh Untuk Merawat Kuku Kaki

Belimbing wuluh selian bisa di manfaatkan untuk masakan seperti campuran sayur asem atau pepes dan bahan rujak. Ternyata cairan yang ada di dalam buah ini bisa di manfaatkan untuk mencerahkan warna kuku,membersihkan kuku dari kotoran, menyembuhkan kuku rusak,mengandung flavonoid sebagai anti bakteri dan mengkilapkan kuku.

Cara pemakaian :

– Sediakan buah belimbing wuluh 1 butir.
– Belah menjadi 2 bagian.
– Gosokan bagian daging buah ini ke kuku.
– Diamkan kurang lebih 10 menit
– Setelah itu, bilas kuku dengan air mengalir supaya bersih.
– Lakukan treatmeant ini secara rutin.

6. Hilangkan Jamur Kuku

Hilangkan Jamur Kuku

Cara mengetahui jamur kuku sejatinya sangat mudah, jika kamu melihat titik putih atau kuing di kuku kaki kamu, kemungkinan besar itu jamur kuku. Biasanya jamur kuku hanya tumbuh di ibu jari kuku kaki.

Kuku menenbal, retak, warna menjadi kuning sampai hitam, dan patah itu semua akibat jamur kuku. Jadi jangan biarkan ketika kamu melihat jamur pada kuku, sebaiknya segera obati dengan krim khusus kuku atau berobat ke dokter.

7. Foot Spa

Foot Spa Untuk Merawat Kuku

Tidak hanya rambut saja yang membutuhkan perawatan di salon, namun kuku kaki juga membutuhkan treatmen tersebut. Tujuannya sendiri untuk menghilangkan masalah kaki. Foot spa ada banyak jenisnya, salah satunya menggunakan handuk panas.

Cara perawatan foot spa :

– Sediakan air panas, minyak zaitun, air perasan lemon, dan garam.
– Campur semua bahan dalam mangkok, aduk sampai rata.
– Ambil handuk kecil dan celupkan hingga cukup panas.
– Bungkus kaki dengan menggunakan handuk panas tadi.
– Ulangi treatment ini secara rutin, agar hasilnya maksimal.

8. Berhati-hati Ketika Pedikur

Pedikur Untuk Merawat Kuku

 

Cara merawat kuku kaki selanjutnya yang baik dengan berhati-hari ketika melakukan pedikur. Contohnya ketika kamu kamu melakukan di salon khsusus kuku, biasanya para jasanya akan memotong kutikel dan kulit kering di sekitar kuku kamu. Hal inilah yang menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah terinfeksi kuman. Sebaiknya hindari atau bilang ke para terapis supaya tidak memotongnya.

Kemudian lanjut ke pengecatan kuku, jika saran saya kamu memakai organic nail polish. Sebab produk ini terbebas dari racun dan bahan kimia yang tidak bagus untuk kesehatan kuku kaki kamu dan tidak membuat warna kuku menguning. Pastikan juga kamu menggunakan nail polish remover yang berbahan dasar alami supaya enamel kuku kamu tidak terkikis.

9. Memilih Alas Kaki

Memilih Alas Kaki

Tips perawatan kuku kai selanjutnya dengan cara paling sederhana yakni menentukan alas kaki atau kaos kaki yang sesuai atau sedikit longgar pada kaki, dan terasa nyaman ketika di gunakan.

Sebab sepatu yang ukurannya kecil atau terlalu besar dapat membuat kuku mengalami masalah seperti kuku tumbuh ke dalam, kuku rapuh, menebal, menghitam bahkan bisa membusuk.

Sedangkan pemakaian kaos kaki yang terllau ketat dan kecil juga dapat menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar akibat nadi tertekan, sehingga bisa mengganggu pertumbuhan kuku kaki kamu.

Selain itu pemakaian sandal di rumah juga di sarankan, sebab sandal dapat melindungi kaki dari debu dan kotoran. Pastikan juga pemakaian sendal ketika di tempat lembab seperti kolam renangm ruang loker, dan lainnya. Tujuannya sendiri supaya kaki kamu terhindar dari jamur.

10. Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat Untuk Merawat Kuku Kaki

Cara merawat kuku kaki yang terakhir adalah menjaga pola makan sehat. Seperti cara menjaga berat badan dan cara merawat kulit, pola makan 4 sehat 5 sempurna juga dapat membuat kuku kaki Anda tetap sehat. Kuku tangan dan kuku kaki terbuat dari protein yang bernama keratin.

Dengan begitu kamu perlu mengkosnumsi makanan sehat agar tubuh Anda dapat menyeimbangkan protein keratin yang diproduksi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, daging, dan seafood. Selain itu, minumlah susu, vitamin, atau suplemen yang dapat membantu pertumbuhan kuku.

Info : Cara Merawat Kuku Kaki