Jangan Potong Kutikula Kuku Saat Manicure

Kutikula merupakan kulit mati yang berada tepat di pangkal kuku. Banyak sebagian besar orang menyalaartikan jika kutikula sebagai eponychium. Eponychium merupakan lapisan kulit hidup di bawah lapisan kutikula yang berada tetapt di pangkal kuku dekat kulit. Adapun kegunaan dari kedua lapisan tersebut yakni membentuk segel pertahanan atau pelindung.

Jangan Potong Kutikula Kuku Saat Manicure
1. Akibat Merusak Kutikula

Kutikula merupakan bagian dari kulit yang menghalangi bakteri berbahaya masuk ke dalam matriks kuku atau area yang memegang akar kuku. Oleh sebab itu, tidak di anjurkan untuk menggunting, memotong, merusak, merobek, mengikis, atau menghilangkan kutikula ketika sedang melakukan perawatan kuku tangan (manicure) dan kaki (pedicure).

Menurut dunia kesehatan, apabila kamu terlalu sering memotong kutikula maka dapat menimbulkan celah yang bisa menjadikan pintu masuk dan berkembangnya infeksi. Paronikia merupakan jenis infeksi yang disebabkan oleh perawatan manicure akibat mendorong atau menghilangkan kutikula. Dengan berkembangnya infeksi maka dapat menghambat pertumbuhan kuku. Biasnaya infeksi paronikia muncul serta berkembang di sepanjang tepi pangkal kuku, apabila hal ini tidak di tangani maka akan semakin parah.

Area kuku nyeri, kemerahan, bengkak dan muncul lepuhan yang berisi nanah atau kuku berubah bentuk serta warna merupakan gejala utama dari infeksi paronikia. Selain itu, memotong kutikula juga dapat menyebabkan iritasi dan berbagai masalah kuku, seperti permukaan kuku yang bergelombang dan munculnya bintik-bintik atau garis-garis putih.

2. Merawat Kutikula

Meskipun kutikula merupakan kulit mati, kutikula juga membutuhkan perawatan supaya terjaga kesehatannya. Berikut langkah-langkahnya :

– Hindarkan tangan, kuku, dan kutikula dari sabun yang dapat membuat kulit kering serta penghilang cat kuku yang mengandung aseton.
– Gunakan sarung tangan ketika mencuci pakaian atau piring.
– Oleskan secara teratur pelembap berbentuk salep, krim, atau petroleum jelly utnuk menjaga kelembaban kutikula.
– Jangan suka menggigit kuku. Selain mulut adalah aera yang kotor, air liur juga dapat membuat kulit menjadi rusak.
– Kasih tau manicurist jika tidak ingin kutikula di potong pada saat perawatan manicure atau pedicure.
– Atau kasih tau manicurist jika kamu ingin kutikula didorong dengan lembut dan pelan.
– Gunakan salep antibakteri topikal jika kutikula pecah-pecah dan terasa sakit.

Menjaga kesehatan kutikula sama pentingnya dengan bagian tubuh lain. Jika kutikula kamu terasa sakit, nyeri, bengkak, atau bernanah. Disarankan segera pergi dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Leave a Reply

cara memperbaiki kuku , apakah cat kuku halal diperbolehkan untuk solat? , cara bikin kutek kunir , merk henna putih yang bagus , cara memanjangkan kuku dalam 1 jam , alat untuk memanjangkan kuku , cara memakai henna di kuku agar rapi , cara membuat kutek dari kunyit , alat dan bahan buat bikin ombre , kutek wardah halal , cara menghilangkan pacar arab , merk henna yg awet , Harga kutek halal murah tapi bagus , cara membuat hennda dari , cara buat kitek dr bahan alami , bahan kosmetik alami manicure dan padicure dari , henna , cara cepat memanjangkan kuku dalam 1 hari , cara membuat pacar kuku dari kunyit , bagaimana cara supaya memanjangkan kuku jari , merk henna dan warna yg bagus , penyebab kuku patah sendirinya , cara membuat henna dari kunyit , bentuk kuku cantik , merek hena tangan , kutek yang halal untuk sholat , cara memperbaiki kuku kaki yang jelek , cara memegang hena dengan benar , Tujuan henna , cara membuat kutek halal, Kutek, Henna, Pacar, Pengering, Peralatan, Kosmetik, Cara Merawat, Mencegah, Mengatasi, Mengobati, Nail Art, Manicure, Pedicure, Obat, Penyebab, Efek Samping, Cat Kuku, Warna, Gejala